In the Grip: Di Saat Fungsi Inferior Mengambil Alih (Part 2)

Sebelumnya kita pernah bahas mengenai “grip” dari fungsi inferior dan cara menghadapi stres yang ngebuat fungsi inferior tersebut termanifestasi secara negatif (coba cek tagar #MBTIAnalysis). Lalu gimana kalo kondisi “grip” tersebut bukan disebabkan oleh stres?

Jarang sih, tapi bisa aja, mungkin karena faktor lingkungan yang maksa kamu make fungsi inferior kamu secara terus menerus, atau mendadak kamu “lupa” aja buat manfaatin fungsi kamu yang sebenernya lebih dominan.

Dalam kasus ini mungkin solusinya kamu bisa mulai mencoba lagi “mendominankan” fungsi-fungsi dominan kamu. Caranya:
ISxJ (Si-dom): Pikirin hal-hal yang udah terjadi dan coba kamu ingat-ingat detail dan informasinya. Jangan ngehindar dari mikirin hal-hal berat yang pernah kamu alami, tapi hadapin aja, pada akhirnya pasti ada pelajaran yang bisa kamu tarik. Pahami kalau ingatan kamu itu subjektif berdasarkan interpretasi internal dari hal-hal yang kamu hadapi, dan bukan rekaman yang selalu super akurat.
ESxP (Se-dom): Perhatiin dunia di sekitar kamu. Jangan terlalu mengekang impuls yang ada dan coba buat nikmatin momen-momen yang ada. Lakukan hal-hal yang bersifat fisik yang memaksa kamu untuk fokus pada tubuh, gerakan kamu, dan lingkungan sekitar kamu.
IxFP (Fi-dom): Jangan repress perasaan kamu. Coba pikirin baik-baik dan proses lebih lanjut. Jalani hidup sesuai nilai-nilai kamu, jadi individualis kalo perlu. Ambil perhatian lebih pada emosi kamu, kenapa kamu suka atau benci pada berbagai hal dan alasan di balik itu apa.
INxJ (Ni-dom): Visualisasiin dan rancang masa depanmu baik-baik, dan mulai bekerja untuk mencapai suatu tujuan. Fokus pada suatu ide, proyek, atau konsep dan pahamin secara menyeluruh. Perhatiin firasat dan interpretasi kamu terhadap orang-orang dan berbagai situasi yang kamu hadapi.

 

ENxP (Ne-dom): Cari ide-ide kreatif dari tontonan, bacaan yang kamu konsumsi. Isi otak kamu dengan berbagai ide dan jangan batasi pikiran kamu pada satu dua jenis pemikiran aja. Buat koneksi antara hal-hal yang sekilas keliatannya ga berhubungan. Lakukan hal-hal kreatif, entah itu seni, musik, tulisan, dan coba bikin seorisinil mungkin. Buka perspektif kamu pada orang-orang dan ide-ide baru sehingga pandangan kamu lebih luas lagi dan ga bias.
IxTP (Ti-dom): Pahami cara sesuatu bekerja. Coba analisis baik-baik gimana proses pikiranmu bekerja, dan cari pola-pola konsisten dari proses pemikiranmu. Tanya hal-hal yang kamu ga ngerti. Cari maksud dari hal-hal yang ada: “Kenapa dan apa gunanya gue ngelakuin ini?” “Kenapa hal ini kerjanya kayak gini dan apa gunanya?” dst.
ExTJ (Te-dom): Atur kamar kamu, meja kamu, buku-buku kamu. Bikin list dan ceklis hal-hal yang udah kamu kerjain. Atur deadline dan buat diri kamu lebih disiplin biar bisa menuhin deadline tersebut. Buat sesuatu yang berguna dan dapat memperbaiki sistem yang ada. Coba lebih efisien. Belajar mendelegasikan dan mengatur orang serta cara bicara sama mereka untuk mencapai sesuatu. Praktekin kepemimpinanmu kalo perlu.
ExFJ (Fe-dom): Coba untuk lebih berhubungan secara emosional dengan orang lain dan sering-sering muji orang, bicarain perasaan dan interest kamu ke mereka. Jangan keseringan nyimpen perasaan kamu apalagi jadi pasif-agresif kalo orang-orang ga memenuhi standar kamu, tapi coba bicarain langsung sama mereka secara halus. Gunain emosi kamu kalo lagi bicara dengan orang-orang.
Oh iya tips-tips di atas juga bisa berguna buat kamu yang pengen nyoba ngembangin fungsi-fungsi non-dominan kamu.

 

-INTP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s