MBTI Spotlight: INFP (Soe Hok Gie)

 

(Penulis, aktivis, dan yang terpenting adalah pejuang hak segenap rakyat Indonesia)

“Saya tak mau jadi pohon bambu, saya ingin menjadi pohon oak yang berani menentang angin.”

Fi – Gie dikenal sebagai orang yang idealis yang tidak suka mengikuti arus. Idealismenya tentang negara Indonesia yang lebih baik membuatnya mempunyai pandangan yang sangat objektif terhadap pemerintahan Indonesia di masa orde lama yang menyebabkan keberaniannya untuk mengkritik pemerintahan yang dipimpin Soekarno ini.Setelah pemerintahan Soekarno jatuh , Kritik keras dari Gie pun tak berhenti pada saat pemerintahan orde baru. Disaat media sedang bungkam pasca G30SPKI , Gie dengan berani menulis berita tentang pembunuhan masal anggota PKI di Bali yang menuai reaksi keras dari rezim orde Baru.

Ne – Gie dikenal sebagai orang yang suka bertukar ide dan pendapat dengan orang-orang yang memiliki ideologi atau pandangan berbeda , namun ia tercatat tidak pernah tergabung dalam salah satu ormas atau ideologi. Hal ini dikarenakan ia memiliki pandangan bahwa sangat banyak kemungkinan untuk memajukan Indonesia dan baginya tergabung ke salah satu ideologi / ormas hanya akan mempersempit pandangannya akan kemajuan Indonesia.

Si – Gie tidak terlalu memperlihatkan fungsi ini, fungsi ini hanya terlihat dalam kesukaanya mempelajari sejarah-sejarah dari ideologi yang berkembang ditengah bangsa Indonesia saat itu.

Te – Meskipun merupakan fungsi inferior , Gie cukup sering menggunakan fungsi ini untuk mendukung idealismenya akan kemajuan Indonesia yaitu dengan memimpin dan menjadi pelopor gerakan demonstrasi mahasiswa tahun 1966.
-ESTJ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s