MBTI in Depth: Part 2 (How to Code)

Sekitar sebulan yang lalu kita sudah bahas apa itu MBTI dan kenapa MBTI tidak boleh digunakan secara dikotomi. Sekarang kita akan masuk ke bagaimana cara kita nge-type diri kita.

Pertama-tama, 8 huruf yang sudah kita ketahui itu benar kok. Cuma penggunaannya salah.
E dan I itu menunjukkan ARAH. Mungkin kalian juga udah tahu, tapi maksudnya bukan arah kita ke luar apa ke dalam, tapi arah dari FUNGSI J dan P kita. Whoa, whoa, mulai bingung?

Oke kita lihat satu-satu ya:
Fungsi Judging itu ada Feeling dan Thinking (F dan T), sedangkan fungsi P itu ada iNtuiting dan Sensing (N dan S). Masing-masing fungsi ini (N, S, F, T) punya arah, arahnya ke dalam (Introverted) atau ke luar (Extroverted).

Oke, jadi kita punya:
Ne: Extroverted iNtuition
Ni: Introverted iNtuition
Se: Extroverted Sensing
Si: Introverted Sensing
Fe: Extroverted Feeling
Fi: Introverted Feeling
Te: Extroverted Thinking
Ti: Introverted Thinking

Inilah MBTI yang sebenarnya! Menurut teorinya, tiap orang memiliki empat buah fungsi yang terdiri atas dua fungsi extroverted dan dua fungsi introverted. Masing-masing saling selang-seling, ‘melengkapi’ satu sama lain.

Terus bagaimana cara typing-nya?

Pertama kita lihat dulu, seseorang ini dominan J apa P. Misal ISTJ, dia dominan J. Berarti fungsi J nya (Thinkingnya) dominan (NB: Jadi kita gak bisa nentuin lagi kalo dia J itu karena dia rapi dan terstruktur ya! Karena maksudnya bukan itu). Di teori MBTI, dominan=extroverted. Jadi pasti seseorang dengan ISTJ punya fungsi Te (extroverted thinking) di antara 4 fungsi yang dia punya. Simpen satu fungsi.

Selanjutnya? Logikanya kalau J nya dominan, berarti fungsi P nya tidak dominan dong? Iya benar, kalau di teori MBTI, tidak dominan=introverted. Jadi, kita lihat di sini: ISTJ, fungsi perceivingnya adalah Sensing yang introverted. Jadi kita punya Si di sini.

Nah sekarang kita harus menentukan fungsi mana yang “dominan” di seseorang ini (perhatikan bahwa maksud dominan di sini adalah fungsi yang paling sering digunakan oleh seseorang dalam kehidupannya). Menurut MBTI, kalau dia preferensinya I, artinya dia akan dominan fungsi introverted-nya. Tadi kan kita punya fungsi Te dan Si. Berarti yang paling sering digunakan oleh orang dengan MBTI ISTJ adalah Si-nya, baru Te-nya.
Sampai sini paham?

Lanjut ke fungsi ke-3 dan 4. Fungsi ke-3 ini adalah “lawan”-nya fungsi ke-2. Fungsi ke-2 nya ISTJ adalah Te. Lawannya T adalah F, sedangkan lawannya e adalah i. Jadi kita punya fungsi baru: Fi!

Terakhir, fungsi ke-4 – fungsi yang paling bontot, paling jarang dipakai – pada orang dengan MBTI ISTJ adalah lawannya fungsi dominan, Si, yaitu Ne.

Jadi urutannya:
ISTJ: Si > Te > Fi > Ne.

Contoh lain, ESTJ. Dia dominannya Judging, berarti Te. Karena dia preferensinya E, jadi Te-nya tetap di urutan pertama, beda kayak ISTJ. Si nya di urutan ke-2. Katanya sih, fungsi dominan Te pada ISTJ “tertutupi” sama fungsi perceiving-nya karena dia memilih untuk “ke dalam–I”. Ngerti gak maksudnya? Kalau ada yang gak ngerti boleh tanya di komen ya.

Kalau yang lain bagaimana?

ISTJ: Si > Te > Fi > Ne
ISFJ: Si > Fe > Ti > Ne
ISTP: Ti > Se > Ni > Fe
ISFP: Fi > Se > Ni > Te
INTJ: Ni > Te > Fi > Se
INFJ: Ni > Fe > Ti > Se
INTP: Ti > Ne > Si > Fe
INFP: Fi > Ne > Si > Te
ESTJ: Te > Si > Ne > Fi
ESFJ: Fe > Si > Ne > Ti
ESTP: Se > Ti > Fe > Ni
ESFP: Se > Fi > Te > Ni
ENTJ: Te > Ni > Se > Fi
ENFJ: Fe > Ni > Se > Ti
ENTP: Ne > Ti > Fe > Si
ENFP: Ne > Fi > Te > Si

Apakah urutan fungsi ini berpengaruh? Ya, ngaruh banget. Ini berpengaruh sama seberapa sering kita menggunakan fungsi tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari – bertindak, mengambil keputusan, mempertimbangkan sesuatu, bahkan ketika stres. Jadi kalau misalnya deskripsi kepribadian kalian gak sesuai sama diri kalian, jangan panik. Bisa jadi sebenarnya kamu gak sadar menggunakannya saking terlalu sering atau malah kalian mengabaikannya sama sekali.

Maksudnya bagaimana?
Fungsi pertama: Fungsi DOMINAN, atau biasanya kita singkat jadi “dom”
Fungsi kedua: Fungsi AUXILIARY, semacam pemeran pembantunya begitu lah, biasa disingkat “aux”
Fungsi ketiga: Fungsi TERTIARY, penyeimbang fungsi kedua, muncul kalau lagi stres, biasa disingkat “tert”
Fungsi keempat: Fungsi INFERIOR, fungsi yang paling jarang digunakan dan biasanya kalian sendiri merasa itu hal yang tidak masuk akal dan kalian gak suka, muncul kalau stres berat banget, biasa disingkat “inf”

Terus apa makna dari 8 fungsi tadi, dong?

Karena akan panjang, ditunggu post selanjutnya ya!

-ISTJ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s