MBTI in Depth: Part 3 (Cognitive Functions)

Kemarin ada sisa pertanyaan, jadi fungsi-fungsi itu maksudnya apa?

Tapi pertama-tama, kami harus make sure kalo kalian udah ga mikir kalau Judging itu rapi dan Perceiving itu berantakan. Maknanya beda banget!! Plis, hilangkan pikiran itu sebelum kalian baca ini.

Kalau udah siap, silakan lanjut.


Oke,
Secara harafiah:
• Fungsi Judging adalah fungsi eksekusi dan pengambilan keputusan.
• Fungsi Perceiving adalah fungsi mengambil informasi.

Gampangnya Perceiving itu kayak panca indera kita yang nerima segala informasi, sedangkan Judging kita kayak tangan dan kaki kita yang melakukan aksi.

Fungsi INTROVERTED artinya kita mengarahkan fungsi tersebut kepada diri kita sendiri (egosentris), sedangkan EXTROVERTED mengarahkan atau fokusnya pada dunia luar selain diri kita.

  • Judging introverted (Ti, Fi) bersifat PASIF karena dunia luar yang memberikan efek pada diri kita.
  • Judging extroverted (Te, Fe) bersifat AKTIF karena kita yang memberikan efek pada dunia luar.
  • Perceiving introverted (Si, Ni) bersifat SUBJEKTIF karena apa yang dilihat di dunia luar harus diinterpretasikan pribadi dahulu (dan yang dijadikan data adalah INTERPRETASINYA, bukan keadaan asli awalnya).
  • Perceiving extroverted (Se, Ne) bersifat OBJEKTIF karena mengambil data murni berdasarkan keadaan asli (objektif) dunia luar.

Jadi?

Thinking artinya kita mengambil keputusan dan melakukan sesuatu yang LOGIS dengan fokus OBJEK. Fungsinya menciptakan STRUKTUR.
Kalau arahnya:
introverted (Ti), artinya seseorang itu akan menciptakan struktur sehingga membuat segala hal lebih masuk akal di dalam kepalanya sendiri.
extroverted (Te), artinya seseorang itu akan membuat dunia (hal, benda-benda) di sekelilingnya lebih masuk akal (punya struktur, urutan, bentuk, yang lebih mudah difungsikan).

Feeling artinya kita mengambil keputusan dan melakukan sesuatu yang berMORAL dengan fokus ORANG. Fungsinya menjaga HARMONI.
Kalau arahnya:
introverted (Fi), artinya seseorang itu akan melakukan sesuatu dengan mempertimbangkan moral dirinya sendiri. Kalau tidak sesuai, pasti ditolak habis-habisan. Yang utama adalah keadaan luar harus harmoni dengan moral dirinya.
extroverted (Fe), artinya seseorang itu akan melakukan sesuatu dengan mempertimbangkan moral kolektif banyak orang. Dirinya harus harmoni dengan moral sekitar dan merasa bertanggung jawab untuk menjaga harmoni itu.

iNtuition artinya kita mengambil MAKNA tersembunyi dari hal.
Kalau arahnya:
introverted (Ni), artinya seseorang itu akan mengambil makna dari teori yang dia ketahui, untuk menjadi suatu kesimpulan. Dari banyak teori jadi mengerucut jadi suatu kesimpulan. (Sifatnya close-ended; konvergen.)
extroverted (Ne), artinya seseorang itu akan mengambil makna dari hal-hal di sekelilingnya dan dibiarkan menggantung begitu saja, untuk teori lainnya yang berhubungan. Jadi dari 1 teori bisa meluas jadi banyak teori. (Sifatnya open-ended; divergen.) [NB: Admin selalu ngebayanginnya kayak monyet yang berayun dari satu dahan ke dahan lainnya, lol.]

Sensing artinya kita mengambil pengalaman dengan PANCA INDERA kita (lebih realistis dan apa adanya).
Kalau arahnya:
introverted (Si), artinya seseorang akan mengambil pengalaman realistis yang dia alami lalu dimaknai oleh dirinya sendiri dan dijadikan patokan untuk aksinya selanjutnya. (Sifatnya retrospektif.) Jadi, Si melihat realita secara subjektif, sesuai interpretasinya sendiri.
extroverted (Se), artinya seseorang akan selalu mencoba mencari pengalaman baru dan benar-benar “living in the moment”. (Sifatnya progresif.) Se melihat dunia nyata secara apa adanya (objektif).


Karena semua orang itu terdiri atas fungsi yang extroverted dan introverted, jadi gak ada orang yang murni “introvert” atau murni “extrovert” karena pada dasarnya semua orang itu “ambivert”!

Inilah pula mengapa seseorang yang “extrovert” bisa jadi terlihat “introvert”. Contoh, ENFP (Ne > Fi > Te > Si), yang kita paling kenal sebagai “extrovert” yang paling “introvert” (the most introverted extrovert). Kenapa bisa demikian? Karena proses yang dia alami itu kebanyakan di dalam kepalanya sendiri. Ya, dia bisa pergi ke luar dan berinteraksi sana-sini, tapi semuanya ia serap maknanya di dalam kepalanya (dan itu butuh waktu loh, makanya kesannya kayak menyendiri dan sulit diungkapkan dalam kata-kata jadi diam), lalu ia jadikan moral untuk dirinya sendiri (untuk menjadi moral, pasti butuh proses introspeksi kan?). Lagipula, karena Fi-nya, ENFP kurang suka untuk mengungkapkan apa yang di dalam hatinya. Jadi menambah kesan tertutup.

Dari definisi fungsi di atas, sebenarnya banyak pengembangannya, dan tiap fungsi di posisi yang berbeda punya implementasi yang berbeda pula. Kebayang betapa kompleksnya kan? Jadi guys, jangan berpaku sama dikotomi lagi ya!


Walaupun katanya kompleks, gak tahu kenapa memang orang suka banget menggeneralisir dan menyederhanakan sesuatu, sehingga bahkan definisi dari fungsi-fungsi di atas juga sering di stereotipekan. Stereotipe yang kita tahu sekarang:

Te adalah diktator, tukang ngatur.
Ti adalah si jenius yang sombong.
Fi adalah si egois yang merasa paling benar sendiri.
Fe adalah orang yang baik hati sampe gak punya diri sendiri lagi (semuanya dia kasih ke orang lain).
Ne adalah orang yang banyak omong tapi gak ada hasil.
Ni adalah cenayang. Karena bisa meramal masa depan. Sering dikorelasikan menjadi dewa atau biksu.
Se adalah orang yang suka mabuk-mabukan, kebut-kebutan, dugem, semuanya yang pergaulan bebas lah.
Si adalah orang yang susah move on, kaku, dan tradisional.

Padahal gak semuanya begitu! Karena implementasi, atau perilaku yang kita lihat sehari-hari itu superfisial banget dibandingkan dengan apa yang terjadi di dalam kepala! (Makanya disebutnya fungsi kognitif.)


Lalu gimana dong, detilnya fungsi kognitif tadi yang tepat? Munculnya bagaimana dan berpengaruh gak sama urutannya? Tunggu post selanjutnya ya! Kami akan membahas satu-satu secara dalam tentang fungsi kognitifnya 😉

-ISTJ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s